1/03/2013

ipa kelas 1 materi anggota tubuh

MENGENAL ANGGOTA TUBUH

Tubuh terdiri beberapa bagian, maka kita akan belajar :
1. nama - nama anggota tubuh
2. kegunaan anggota tubuh dan cara merawatnya
3. membiasakan hidup sehat.

NAMA - NAMA ANGGOTA TUBUH
1. Bagian kepala
2. Bagian Badan
3. Bagian Anggota Tubuh

KEGUNAAN ANGGOTA TUBUH CARA MERAWATNYA
1. Mata guna mata untuk melihat
Cara merawat mata
a. jika mata terasa pedih atau gatal, mata jangan digosok,periksakan ke dokter mata
b. jika membaca atau menonton tidak terlalu dekat jarak membaca 25 cm makan sayuran dan buah-buahan
2. Telinga berguna untuk mendengar
cara merawat telinga :
a. bersihkan bagian luar secara teratur,hindari membersihkan bagian,dalam dengan benda keras.
b. hindari mendengar suara yang terlalu keras
3. Hidung berguna untuk mencium bau-bauan
cara merawat hidung :
a. bersihkan bagian luar secara teratur hindari membersihkan bagian dalam dengan benda keras
MEMBIASAKAN HIDUP SEHAT
Agar kita sehat kita harus membiasakan :
1. Makan makan bergizi
2. Menggunakan pakaian bersih
3. Menjaga agar lingkungan bersih
4. Olah raga dengan teratur


http://zaenpgmi09.blogspot.com/2012/01/pendidikan-ipa-kelas-1.html



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran                  :     Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester                 :     I/1
Tema                                  :     Aku dan Keluargaku
Standar Kompetensi         :     1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara
                                                            perawatannya
Kompetensi Dasar            :     1.1    Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara
                                                        perawatannya
Indikator                           :
                                               1.1.1  Menjelaskan  nama-nama anggota tubuh al: mata, telinga,
                                                          hidung, lidah, kulit dan gigi
                                              
A. Tujuan Pembelajaran :
       Setelah Pembelajaran ini siswa diharapkan  mampu :
      1. Menyebutkan nama-nama anggota tubuh yang diamati
      2. Menjelaskan kegunaan anggota tubuh yang diamati


B. Materi Ajar:
      1.   Mengenal nama-nama anggota tubuh
      2.   Menjelaskan kegunaan anggota tubuh
      3.   Menunjukkan cara perwatan anggota tubuh
C. Metode Pembelajaran:
      1.   Pengamatan
      2.   Demonstrasi
      3.   Penemuan (inquiry)
D. Langkah-Langkah Kegiatan 
      1.   Eksplorasi
a.          Guru memberikan apersepsi  tentang anggota  tubuh kita.
b.          Guru menanyakan siswa untuk menyebutkan nama-nama anggota tubuh
2.      Elaborasi
1.      Kegiatan 1: (Mengenal nama-nama anggota tubuh)
a.       Siswa dibimbing untuk mengamati gambar/model anggota tubuh
b.      Siswa diberi potongan-potongan anggota tubuh  dan nama masing-masing anggota tubuh
c.       Siswa diajak untuk menyusun potongan-potongan anggota tubuh untuk membentuk satu badan
d.      Masing-masing anggota tubuh kemudian ditempeli nama yang sesuai
2.      Menyanyi disertai gerakan: Kepala pundak lutut kaki
3.      Kegiatan 2: (Pengamatan untuk mengenal ciri-ciri anggota tubuh)
a.       Siswa dibimbing untuk membentuk pasangan
b.      Pasangan kemudian dibimbing untuk diskusi tentang kesamaan ciri anggota tubuh, misalnya jumlah anggota tubuh, warna kulit, warna rambut dll.
c.       Siswa dibimbing untuk menjawab pertanyaan berikut:
a.       Bagimana kamu berbeda atau sama dengan temanmu?
b.      Apakah kamu memilki rambut, mata, tangan, dll?
c.       Apakah kamu memiliki mata?
d.      Apakah rambut kamu sama dengan temanmu?
e.       Apakah bentuk wajah kamu sama dengan temanmu?
f.       Bagimana kamu mengenali bahwa temanmu adalah “Budi’?
4.      Kegiatan 4: (Mengenal fungsi anggota tubuh)
a.       Guru meminta seorang sukarelawan dari siswa untuk  maju di depan kelas
b.      Tutup mata siswa tersebut, sementara siswa lainnya memperhatikan dan tanyakan yang dirasakan dengan penglihatannya
c.        Mintalah siswa lainnya membuat kesimpulan apakah fungsi mata
5.      Kegiatan 5: (Mengenal fungsi anggota tubuh)
a.       Guru membimbing siswa untuk membentuk kelompok berpasangan
b.      Siswa diminta untuk melakukan kegiatan serupa kegiatan 4 dan mintalah kelompok untuk menyimpulkan fungsi dari 5 angota tubuh:

No
Nama Anggota Tubuh
Kegunaan







3.      Konfirmasi
1.      Guru menguatkan nama-nama anggota tubuh
2.      Guru menguatkan kebiasaan baik
3.      Guru membimbing siswa untuk bernyanyi bersama

Dua mata saya

Dua mata saya
Hidung saya satu
Dua kaki saya
Pakai sepatu baru
*
Dua telinga saya
Yang kiri dan kanan
Satu mulut saya
Tidak berhenti makan

E. Alat dan Sumber Belajar
1. Gambar potongan anggota tubuh
2. Model teman
3. Alat tulis
5. Lembar kerja siswa
F. Penilaian
1. Tertulis
2. Lisan
3. Hasil observasi guru
4. Portofolio
5. Karya siswa

  
G. Tugas Rumah              
1.   Guru meminta siswa untuk membawa foto keluarga inti dan keluarga terdekat
2.   Mengidentifikasi kesamaan ciri anggota tubuh siswa dengan yang dimiliki anggota
      keluarganya

Soal

.1)  1.
bagian tubuh pada gambar di samping berguna untuk ...


A.
B.
C.
Q.2)  2.
bagian tubuh di samping jumlahnya ada ...


A.
B.
C.
Q.3)  3. kuku yang panjang sebaiknya ...


A.
B.
C.
Q.4)  4. agar tubuh sehat dan kuat sebaiknya makan sehari ...


A.
B.
C.
Q.5)  5. mengunyah makanan menggunakan ...


A.
B.
C.


essay
1. Mendengarkan musik menggunakan …
2. Rambut berwarna....
3. Fungsi kaki untuk...
4. di atasnya mata ada....
5. Jari tangan Ada 
 

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق